Pages

Tuesday, August 23, 2011

Berita Spesial MH Daratan 3 Part 1

MUBALIGH HIJRAH
 
    MH ( Mubaligh Hijrah ) adalah suatu kegiatan wajib yang diadakan oleh Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta bagi seluruh siswa kelas 2 SMA di Madrasah Mu'allimin MUhammadiyah Yogyakarta.
Eh Pembaca.......
Tahu nggak MH ( Mubaligh HIjrah ) itu ternyata bertujuan untuk melatih mental siswanya dalam berdakwah dimasyarakat lho, Tidak cuma itu pembaca, Tujuan dari kegiatan itu juga melatih siswa - siswa Madrasah Mu'llimin untuk hidup bermasyarakat sebelum terjun ke masyarakat.
    Tanya kenapa....???
Karena siswa - siswa Madrasah MU'allimin itu merupakan ''Anak Panah'' Organisasi Muhammadiyah.
Dalam Kegiatan MUbaligh HIjrah ini, Seluruh anak  anak dari siswa kelas 2 SMA disebar diseluruh penjuru Tanah Air Indonesia untuk melatih diri dalam berdakwah dimasyarakat tentunya.
Yang penyebarannya ada yang di Semarang, Palembang, Kalimantan, Bantul, Godean dan masih banyak lagi tempatnya.
Sebelum kegiatan Mubaligh Hijrah ini dimulai, Peserta Mubaligh HIjrah oleh Madrasah Mu'allimin dibekali dengan berbagai materi yang pembekalan itu dilaksanakan 2 hari yaitu tanggal 27 dan 28 Juli 2011 bertempat di Aula Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Sehingga Madrasah Mu'allimin berharap seluruh Mubaligh HIjrah bisa bermanfaat bagi masyarakat yang ia tempati, Karena apa...??. Bagi Madrasah Mu'allimin, Mubaligh Hijrah itu juga merupakan istilahnya ''brosur berjalan'', Oleh karena itu Madrasah Mu'allimin berharap para Mubaligh Hijrah tahun ini bisa lebih baik dari tahun  tahun sebelimnya.
    Oya pembaca......
Tahu tidak...???. Ternyata kegiatan Mubaligh HIjrah itu dilaksanakan selama 20 hari lho selama Ramadhan, lama bangetkan pembaca..,yaitu dimulai pada tanggal 1 Ramadhan hingga tanggal 20 Ramadhanlho pembaca...
    Dan kebetulan saya merupakan salahsatu siswa Madrasah Mu'allimin yang diutus untuk menjadi Mubaligh Hijrah pada tahun 2011 ini. Saya sebagai Mubaligh Hijrah yang ditempatkan di Masjid Al-Hidayah Desa Daratan 3, Sendang Arum, Minggir , Sleman , DIY.
    Saya dalam melaksanakan kegiatan Mubaligh Hijrah ini, Saya ditemani oleh 2 teman saya, Yaitu Hisyam dari Garut, Jawa Barat dan Zaka dari Kendal, Jawa Tengah.
Saya di Daratan 3 ini hanya sebentar yaitu cuma 20 hari. Yang dimulai pada tanggal 31 Juli sore hingga tanggal 21 agustus 2011.
Saya di sana sangat banyak merasakan hidup diantara orang - orang yang beragama non Islam, Tapi di Daratan 3 juga saya mendapatkan pengalaman yang sangat berharga diantaranya bisa merasakan bagaimana warga Islam dalam satu kampung bisa seakrab seperti di desa Daratan 3 ini, pokoknya Daratan 3 Is The Best.
    Di Desa Daratan 3 ini saya juga mendapatkan sahabat - sahabat yang tidak bakal saya lupakan wajah mereka, yaitu Si cerewet Chandra, Si kalem Puput, Ilham, Nisa, Ama, Anggit, Wahyu, Irfan, serta Trio Santri Metal ( Anas, Rama, Dan Yusuf ), Mereka semualah yang telah membuat kami menjadi betah berada di tempat seindah Desa Daratan 3 Tersebut. THANKS FOR ALL MY BEST FRIENDS, I MISS YOU ALL SO MUCH.
    Saya di Daratan 3 selain sebagai Mubaligh Hijrah saya juga sempat mewancarai beberapa tokoh tentang kesan mereka terhadap kegiatan Mubaligh Hijrah tahun 2011 ini.
Yaitu :
1. Menurut UstadZ Muh Arif Al - Fatah, ( Guru Fisika Di Madrasah Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta )
    Kesan Beliau :
KESAN DAN PENDAPAT
TENTANG KEGIATAN MUBALIGH HIJRAH
Bismillahirrohmanirrohim

Melihat dari nama sekolah ‘Mu’allimin’ sudah terlihat akan visi dan misinya yang salah satunya adalah melahirkan seorang pendidik. Kegiatan Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah berupa mubaligh hijrah merupakan bagian dari usaha untuk mewujudkan visi dan misi dari Mu’allimin.
Alloh Subhanahu Wa Ta’alla mengajari hambanya untuk selalu berdo’a salah satunya sebagaimana dalam firmannya; “…..Wahai Robb-ku, tambahkanlah ilmu kepadaku.” (Thoha: 114). Dan juga Rasululloh Sholallohu ‘Alaihi Wassalam mengajarkan salah satu do’a; “Ya Alloh, berikannlah manfaat kepadaku dengan apa-apa yang Engkau ajarkan kepadaku, dan ajarkanlah aku apa-apa yang bermanfaat bagiku. Dan tambahkanlah ilmu kepadaku”. (HR. Ibnu Majah no. 251 dan Tirmidzi no 3599).
Salah satu ilmu adalah berupa ilmu mengajar sebagai tugas seorang pendidik dan bagian dari ilmu mengajar , lebih banyaknya didapatkan dari pengalaman mengajar. Di samping pengalaman yang didapatkan, juga keutamaan yang banyak dalam mengajarkan ilmu. Alloh Subhanahu Wa Ta’alla berfirman; “Dan siapakah yang lebih baik perkataannya dari pada orang yang menyeru kepada Alloh dan mengerjakan kebajikan dan berkata, ‘Sungguh, Aku termasuk orang-orang Muslim (yang berserah diri)’?”. (Fushshilat : 33). Kemudian dalam hadits, Rasululloh Sholallohu ‘Alaihi Wassalam bersabda; “Semoga Alloh memberikan cahaya kepada wajah orang yang mendengar perkataanku kemudian ia memahaminya, menghafalnya, dan menyampaikannya.” (HR. Tirmidzi no 2658).
Program kegiatan mubaligh hijrah sangatlah bagus dan perlu didukung serta dilestarikan sebagai cirikhas Mu’allimin, karena dengan program tersebut memberikan pengalaman awal seorang santri dalam menyampaikan sedikit ilmu yang telah dipelajarinya di bangku madrasah. Ilmu akan lebih mudah diingat, hafal, dan masuk dalam hati dan pikiran jika sudah diamalkan termasuk disampaikan, sehingga diharapkan misi dan visi yang menjadi arah pendidikan kader di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta bisa tercapai.
Walaupun sudah lama program mubaligh hijrah diadakan, alangkah semakin baiknya jika setiap waktu diperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada ketika kegiatan berjalan, baik kekurangan dalam hal koordinasi, SDM mubaligh, dan fasilitas. Semoga ke depannya kegiatan mubaligh hijrah semakin baik dan bermanfaat bagi masyarakat luas, termasuk juga bagi para siswa Mu’allimin dan Madrasah  Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta.
Harapan kedepannya juga, Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta bisa melahirkan kader-kader Islam yang berpengalaman, memahami kondisi dan kiat-kiat disetiap medan dakwah serta berguna bagi Islam, Persyarikatan, dan Madrasah. Semoga kegiatan yang telah dilakukan dicatat sebagai amal sholeh di sisi Alloh bagi pelaksananya.Amiin.


Yogyakarta,    Ramadhan 1432
Pendidik Mapel Fisika

Arif Alfatah



2. Menurut Bapak Sumarjo S.pd, ( Ketua Takmir Masjid Al - Hidayah dan juga Guru di SMPN 2 GiriMulyo Kabupaten Kulon Progo )
    Kesan Beliau : "Kesan Saya terhadap Mubaligh HIjrah Dari Mu'allimin ini sangat menyenangkan dan sangat membantu kami dalam mengisi kegiatan Ramadhan di jamaah kami terutama dalam masalah siraman rohani''
    Pesan Beliau : " Kepada Mubaligh Hijrah agar pengalaman yang diperoleh di masyarakat dapat digunakan sebagai pengimbang ilmu yang diperoleh dibangku sekolah dan bagi lembaga Madrasah Mu'allimin kalau ada kegiatan Mubaligh Hijrah lagi tolong waktunya ditambah menjadi satu bulan penuh"
 3. Menurut Yuliani Eka Putri atau Biasa Dipanggil Puput ( Remaja Islam Masjid Al - Hidayah dan salah satu siswi SMAN 1 Sayegan )
Kesan Puput Adalah :
" Em Menurut aku sih ...
  Terima kasih buat kalian Semua ( Mubaligh Hijrah ) sudah mau memberikan informasi tentang Agama Islam dengan benar. Justru dengan kedatangan kalian kami semua tahu tentang Agama Islam " 
4 . Menurut Chandra Puspita Sari ( Remaja Islam Masjid Al - Hidayah dan salah satu siswi SMPN 1 Godean )
Kesan Chandra Adalah:
"MH di Masjid Al-Hidayah ngebuat Ramadhan tahun ini... makin seru coyyy... anak-anak jadi tambah semangat nih ke masjid... hehe :D

0 komentar:

Post a Comment