Pages

Wednesday, July 4, 2012

10 Karya Seni Menakjubkan Dalam Ukuran Nanoscale 10 Karya Seni Menakjubkan Dalam Ukuran Nanoscale

Biasanya ketika kita berpikir tentang "seni", hal-hal seperti patung atau lukisan muncul dalam pikiran kita, dengan kata lain, hal yang dapat Anda gantung di dinding atau Anda letakkan di atrium Anda untuk memeperindah lingkungan rumah Anda.

Tapi kini ada bentuk karya seni baru yang tidak hanya membutuhkan keterampilan, tapi membutuhkan ilmu pengetahuan. Dan bahkan menggunakan peralatan yang susah untuk kita temui di rumah kita, bahkan di kota kita. :D

1. Nano Rose 

 

Mawar ini diciptakan oleh orang Taiwan bernama Pai Chun Wei di National Taiwan University, dan dibuat menggunakan Indium, yang saya bahkan tidak tahu itu apa..mungkin masih sodara sama  Germanium ya?xixixi
Kebanyakan orang berusaha membuat karya seni mawar yang indah dari kulit tomat, tapi mawar ini berukuran sangat kecil yaitu nanometer, sebagai perbandingan, ukuran rambut manusia saja antara 50.000 sampai 100.000 nanometer, sangat kecil bukan? apalagi jika dibandingkan dengan mawar di atas, benar-benar unik.

Saya tidak akan menyarankan Anda untuk memberikan mawar ini kepada pasangan Anda (kecuali jika Anda berkencan dengan seorang kutu buku). xixixi

2. Nano Explosions


Ledakan yang terlihat seperti gunung meletus di atas sebenarnya adalah sebuah "color-enhanced scanning electron micrographs of an overflowed electro-deposited magnetic nanowire array", wah istilah apa lagi itu??? saya sendiri tidak begitu paham istilah apa itu, tapi saya rasa itu ada hubungannya dengan kejutan listrik dengan menggunakan kabel yang sangat kecil, lalu kemudian diambil gambarnya dengan mikroskop elektron dan difoto dengan seni fotografi. Sehingga terbentuk seperti sekumpulan gunung berapi kecil yang tengah bererupsi pada skala mikroskopis. Benar-benar unik...

Karya seni yang satu ini diciptakan oleh Fanny Beron dari montreal dan menjadi juara peratama dalam turnamen Science As Art Competition di Boston.

3. Nano Dice (Dadu ukuran super mini)

Karya seni ini juga meraih peringkat pertama pada kompetisi yang sama seperti di atas. Gambar-gambar di atas adalah hasil rakitan dari "nikel" berukuran sangat kecil, dan memiliki ukuran sekitar dua kali lebar rambut kutu. Benar-benar unik bukan???

Timothy Leong dari John Hopkins University yang membuat dadu-dadu menakjubkan tersebut. Mungkin dadu-dadu di atas bisa digunakan bermain oleh hewan-hewan ber sel satu seperti protozoa, virus, dll. Bisa Anda bayangkan jika mahluk-mahluk ber sel satu tersebut asik bermain ular tangga menggunakan dadu di atas??? xixixi

4. Nano Reindeer (Rusa super mini)
 
Saya tidak tahu lagi harus bagaimana menjelaskan karya seni yang satu ini. Unik, rusa di atas dibuat dengan ukuran 5/1000 milimeter !!! Bayangkan jika rusa ini menarik kereta Santa Claus lalu turun dengan membawa hadiah natal untuk anak-anak kecil??? Sepertinya anak-anak tidak akan menyadari kehadiran rusa ini karena ukurannya yang begitu kecilnya, xixixi...

5. Nano Santa

Nano Santa ini sedikit lebih besar dari ukuran Rusa di atas, tapi tetap saja ukurannya sangat kecil,hehe...Karya seni ini diciptakan oleh Adam Steele untuk kompetisi SAA dan dia memenangkan posisi kedua dalam kompetisi itu.

Melihat gambar di atas, pada bagian bawahnya terdapat keterangan bahwa karya seni unik ini dibuat dengan menggunakan tabung karbon berukuran nano dan teflon. Benar-benar unik...

6. Nano Smileys (emoticon ukuran nano)

Anda yang sering chatingan pasti tidak asing dengan emoticon / smiley bukan? tapi berbeda dengan yang biasanya. Karya seni yang satu ini merupakan smileys yang berukuran seperti molekul, begitu kecil dan unik bukan?

Saran saya, jangan gunakan smileys di atas untuk mengungkapkan ekspresi Anda saat ber-chatting ria di dunia maya, karena sudah pasti lawan bicara Anda tidak tahu apa yang Anda maksudkan karena ukuran smileysnya begitu kecil.

7. Evil Nano Pac-Man

Gila...!!! karya seni unik apalagi ini??? sepertinya ada orang yang menggabungkan tokoh pac-man, venom, dan Roschach, dan menghasilkan karya yang sangat unik dibandingkan ketiga tokoh di atas.


Elisabetta Comini dari Brescia University yang menghasilkan karya unik dengan ukuran 3.5 microns ini. Dan dia memenangkan tempat pertama pada kompetisi SAA tahun 2010 di San Francisco.


8. Nano Garden

Setelah gambar unik di atas, kini ada gambar unik yang sepertinya lebih memuat tema lingkungan. Perhatikan gambar di atas dengan teliti, kita seperti disajikan sebuah taman yang begitu unik dan kecil, namun tetap terasa hidup dan lengkap.
 

Atau jangan-jangan inilah tempat para virus berladang???xixixi...bukan, ini adalah karya seni dengan ukuran super kecil yang sangat unik dan sangat indah.

9. Coat of Arms in Carbon Nanotube

Tabung karbon ukuran nano, atau lebih dikenal dengan Carbon Nanotube, adalah sebuah penemuan ajaib yang akan bermanfaat untuk masa depan. Tabung karbon ini nantinya akan digunakan pada layar LED dan TV yang akan dibuat begitu kuat sekuat berlian dan begitu hemat energi.


Dan pada gambar di atas, Anda menemukan bahwa tabung ini juga bisa digunakan untuk membuat simbol-simbol unik dengan ukuran yang super mini. Gambar tersebut dirangkai dengan menggunakan quantum dots pada permukaan CNT menggunakan alat optik tweezers. Seperti sesuatu yang mustahil kan? tapi itulah kenyataannya, benar-benar unik...


10. Nano Landmarks

Inilah adalah gambar yang paling menakjubkan dan unik dibanding sebelumnya. Jika pada gambar sebelumnya memerlukan manipulasi warna agar terlihat indah, tapi tidak untuk yang satu ini, sehingga karya seni yang satu ini benar-benar unik dan layak menempati posisi tertinggi.

Gambar di atas dengan mudah diidentifikasi sebagai sebuah batas (landmark) atau tanda kekuasaan yang terbentuk secara 3 dimensi dalam ukuran yang hanya mungkin terlihat menggunakan mikroskop elektron.


Mungkin inilah benteng-benteng yang dibuat oleh mahluk ber sel satu ???Bayangkan jika mereka juga memiliki benteng lengkap dengan para penjaganya seperti pada kerajaan-kerajaan pada umumnya, xixixi
 
Unik-unik bukan? jangan lupa untuk membaca artikel menarik dan unik lainnya ya...terimakasih telah berkunjung :)

0 komentar:

Post a Comment