Pages

Wednesday, July 4, 2012

10 Kemampuan Unik Laba-laba

Laba-laba adalah salah satu predator yang tersebar luas di muka bumi dan juga predator paling sukses dalam kerajaan hewan. Hal itu mereka capai karena sebagian kekuatan serba guna yang mereka miliki, sperti : kaki mereka dapat menjangkau permukaan apapun, taring mereka mangandung racun korosif dan mereka mampu mengeluarkan zat perekat yang sangat kuat yang lebih kuat dari baja. Dengan kemampuan tersebut mungkin Anda berpikir sudah cukup untuk bertahan hidup, tapi pada kenyataannya laba-laba memiliki beberapa kemampuan unik yang mereka tunjukkan seperti berikut ini :

1. Meniru Bentuk Semut



Menakjubkan dan unik, ada ratusan spesies laba-laba - sebagian besar adalah laba-laba loncat - yang bentuknya sangat mirip dengan semut. Ya, gambar di atas adalah gambar laba-laba. Kebanyakan dari laba-laba menggunakan penyamaran ini untuk berburu serangga yang tidak takut pada semut, atau mereka menggunakan penyamaran ini untuk beresmbunyi dari predator yang menyukai laba-laba (secara bentuk aslinya). Dan terkadang, mereka menggunakan penyamaran ini untuk memangsa semut itu sendiri, mirip seperti srigala berbulu domba yah? xixixi

2. Laba-laba Palsu
Sering kita temukan sarang laba-laba yang dipenuhi dengan sampah di sarang mereka. Hal ini terlihat seperti sebuah ketidak sengajaan, tapi sebenarnya mereka sengaja melakukan hal tersebut untuk mengecoh preador. Sisa-sisa makanan mereka, mereka kumpulkan dan dengan jaring sutranya mereka membuat bentuk yang seolah-olah sama dengan tubuh (corak warna) mereka sendiri. Hal ini sangat berguna untuk menghindari predator jenis serangga terbang yang hendak memangsa mereka di sarang mereka sendiri.

3. Kotoran Palsu
Calenia Exzcavata adalah jenis laba-laba yang sangat pandai meniru bentuk kotoran burung. Lihatlah gambar di atas, tentu sangat mirip dengan kotoran burung bukan? penyamaran yang sempurna ini mereka lakukan dengan menggunakan sutra yang keluar dari tubuh mereka. Lalu apa gunanya? pertama tentu untuk berkamuflase dan bersembunyi dari predator yang menyukai laba-laba tapi tidak menyukai kotoran. Dan yang kedua jelas untuk memancing mangsa yang menyukai kotoran, seperti lalat.

4. Jaring Koloni Super
Gambar yang Anda lihat di atas adalah sekelompok laba-laba yang membuat jaring dengan tubuh mereka sendiri yang berkoloni. Mereka bergerombol membentuk jaring yang cukup besar bahkan sampai menggelantung di atas tanah. Dan ketika ada mangsa yang terbang di bawah jaring koloni tersebut, maka mereka akan menjatuhkan diri dengan jumlah yang cukup besar, lalu membungkus mangsa dengan jaring sutra. Benar-benar unik, dan salah satu laba-laba yang menggunakan teknik seperti di atas adalah jenis Eduador’s Theridion nigroannulatum.

5. Hang-Gliders (parasut)
Laba-laba yang baru saja menetas, atau laba-laba yang sangat kecil mampu melakukan perjalanan sejauh ribuan mil dengan cara yang dikenal sebagai "balloning". Jenis sutra khusus yang disebut "Gossamer" mereka produksi yang secara khusus membuat parasut segitiga yang dengan mudah menangkap angin. Parasut ini bisa terbang selama berminggu-minggu, dan bahkan laba-laba mampu menjelajah pulau-pulau yang letaknya sangat jauh menggunakan parasut ini.

6. Jaring Mini

Laba-laba wajah raksasa dari ordo Deinopidae mampu bergelantungan naik turun hanya dengan menggunakan beberapa helai sutra. Sambil bergelantungan, mereka memegang jaring kecil yang padat diantara kedua kaki depan mereka yang secara fisik mereka gunakan untuk menangkap serangga yang lewat. Jaring khusus ini tidak lengket, tapi begitu kuat dan padat sehingga secara otomatis dapat melumpuhkan persendian serangga. Hal ini memungkinkan laba-laba wajah raksasa ini menangkap serangga dengan mudah.

7. Bunga Palsu
Beberapa leba-laba yang tinggal di taman membuat jaring dengan pola seperti bunga yang khusus terbuat dari sutra yang lebih tebal pada bagian tengahnya. Banyak yang memperdebatkan apa tujuan mereka melakukan hal ini, tapi kini kita telah menemukan jawabannya. Laba-laba taman melakukan hal tersebut karena sutra khusus yang mereka hasilkan itu memantulkan sinar UV dan menciptakan pola yang sama dengan bunga sehingga menarik perhatian bagi serangga penyerbuk bunga untuk mendekat.

8. Atraksi Mematikan

Mastophorea menggunakan sutra mereka dengan cara yang tidak lazim digunakan oleh arakhnoida lainnya. Mereka mengeluarkan gumpalan yang lengket seperti lem. Laba-laba ini kemudian memancarkan feromon yang menarik bagi ngengat jantan dari spesies yang berbeda yang datang mencari ngengat betina. Hasilnya tentu saja sudah pasti ngengat janta tersebut akan menjadi mangsa dari Mastophorea.


9. Scuba Tanks
Argyroneta aquatica adalah salah satu dari laba-laba yang benar-benar dapat ditemukan di bawah air, sehingga dijuluki "diving bell spider." Perut berbulu dari Argyroneta dapat menangkap lapisan udara tipis disekitarnya selama proses pernafasan, yang digunakan untuk membawa udara secara bolak-balik dari permukaan air ke jaring bawah lautnya. Web ini disusun untuk menjebak kantung udara yang besar - seperti lonceng selam buatan manusia - dimana laba-laba betina ini mengkonsumsi mangsanya.


10. Penembak Jaring

Hampir semua laba-laba memproduksi sutera dari organ yang disebut spinneret di ujung perut, dan harus mampu menyentuh sesuatu untuk membungkusnya dalam anyaman. Tidak demikian untuk Scytodes genus, sang laba-laba penembak, yang memiliki kelenjar sutra tambahan terhubung ke mulut mereka. Perlahan-lahan merangkak naik mendekati mangsa yang tidak curiga, sang laba-laba penembak kemudian menyemprotkan aliran sutra ganda yang bahkan dicampur dengan racun, menembakkan alirannya bolak-balik ke mangsa yang kemudian membentuk jaring silang beracun.

 

0 komentar:

Post a Comment